Vapeboss Indonesia

Blog Details

image

Ngevape Terasa Hambar? Begini Cara Mengatasinya!

Vapeboss – Pernahkah kalian merasakan sensasi vaping yang hambar? Padahal, menurut kalian settingan vape sudah pas dan liquid yang digunakan pun sudah benar, namun rasa tetap tidak keluar. Dalam kondisi demikian pasti kalian bertanya-tanya 'sebenarnya apa yang terjadi?'. Tetapi, tak perlu panik atau cemas, karena hal seperti ini sering terjadi dikalangan para vapers dan mereka menamainya Vape Tongue.

Lantas, apa itu Vape Tongue?

Vape Tongue adalah kondisi dimana secara tiba-tiba kalian kehilangan kemampuan untuk merasakan rasa liquid. Fenomena Vape Tongue tentu pernah dialami oleh segelintir vapers, dan memang cukup mengganggu aktivitas vaping mereka. Vape Tongue biasanya berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari, namun tidak sedikit vapers yang menyebut bahwa mereka pernah terkena Vape Tongue selama hampir 2 minggu.

Mengapa Vape Tongue bisa terjadi?

Pada dasarnya, kita memiliki 2000 hingga 8000 perasa dalam mulut kita dan terus beregerasi setiap 10 hari. Indra perasa atau indra pengecap yang kalian miliki, membutuhkan air liur untuk menjaga indra pengecap dapat bekerja dengan baik. Sedangkan vaping, terkadang dapat menyebabkan mulut menjadi kering dan ketika kalian terlalu sering vaping, maka air liur dalam mulut kalian pun ikut mengering. Karena kalian tidak memiliki air liur yang cukup, maka indra pengecap kalian tidak dapat bekerja.

Alasan lain terjadinya Vape Tongue juga bisa disebabkan oleh aktivitas vaping yang diiringi dengan merokok. Biasanya hal tersebut sering dilakukan oleh vapers yang baru saja mencoba berhenti merokok. Jadi, jika kalian baru berhenti merokok namun masih menyisipkan penggunaan rokok disela-sela vaping, maka kemampuan perasa kalian akan terhambat.

Bagaimana cara mengatasi Vape Tongue?

Cara mengatasi vape tongue cukup mudah, kalian bisa ikuti beberapa tips dibawah ini:

1. Perbanyak minum air: Menjaga tubuh kalian agar tetap terhidrasi tak hanya bagus untuk kesehatan, tetapi juga dapat membantu memaksimalkan rasa vape kalian. Maka, solusi bagi kalian yang sering vaping adalah dengan terus mengimbangi dengan konsumsi air minum yang banyak juga, agar terhindar dari kondisi mulut kering yang dapat menyebabkan Vape Tongue.

2. Batasi kafein dan alkohol: Minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat menyebabkan mulut kalian kering. Kedua zat tersebut diklasifikasikan sebagai diuretik, dimana mereka akan membuat kalian terlalu sering kencing yang pada akhirnya menyebabkan kalian terkena dehidrasi kemudian Vape Tongue. Jadi, alangkah lebih baik batasi konsumsi minuman yang mengandung kedua zat tersebut agar terhindar dari kondisi mulut kering.

3. Gunakan obat kumur non-alkohol: Obat kumur yang tidak mengandung alkohol berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mulut dan memberikan kesegaran yang sementara waktu dapat menyembuhkan kondisi mulut kering. Penggunaan obat kumur bisa kalian terapkan ketika selesai vaping agar mulut kembali bersih dan segar.

4. Jaga kebersihan lidah: Menjaga kebersihan lidah tentu dapat mencegah bahkan menghilangkan Vape Tongue. Biasanya, terdapat lapisan berwarna putih di lidah seseorang yang terkena vape tongue. Jadi, apabila kalian menemukan lapisan tersebut, segera bersihkan dengan bagian bawah sikat gigi.

5. Berhenti Merokok: Salah satu cara terbaik menghindari Vape Tongue dan menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berhenti merokok. Tentu saja, hal ini juga bermanfaat bagi kalian untuk tetap mempertahankan indra perasa kalian. 

6. Beri jeda ketika vaping: Jika kalian menyukai chain vape (vaping tanpa jeda) maka hal ini pula akan mempercepat mulut kalian kering. Lebih baik, ketika kalian telah melakukan chain vape, beri jeda yang lama untuk melakukan chain vape kembali agar air liur berkesempatan membasahi mulut kalian.

7. Ganti liquid: Kebanyakan vapers yang sudah merasa nyaman dengan satu liquid, maka seterusnya mereka akan menggunakan liquid yang sama. Tetapi, hal seperti ini justru akan mengurangi sedikit demi sedikit rasa asli liquidnya. Kondisi demikian biasa disebut 'kelelahan rasa' yang akan menuju ke Vape Tongue. Langkah tepat untuk mengatasi hal ini adalah gunakan liquid lain atau ganti liquid, gunanya tentu agar memberi kesempatan indra perasa kalian untuk mencoba rasa baru dan beristirahat dari rasa sebelumnya.

Semua cara diatas sudah dilakukan, tetapi Vape Tongue belum hilang, apa yang harus dilakukan?

Nah, jalan satu-satunya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Ketika Vape Tongue masih belum hilang meski berbagai cara sudah dilakukan, tentu dokter atau tenaga kesehatan yang berkompeten berperan penting untuk mengobati hal tersebut.

Perlu diketahui, karena mencegah lebih baik daripada mengobati maka sebelum kalian merasakan Vape Tongue, beberapa cara diatas dapat membantu kalian terhindar dari Vape Tongue.

Jadi demikian artikel di kesempatan kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya!